Top Ad unit 728 × 90


recent

Tim Gowes Kayuh Baimbai Taklukan Track Loksado

Banjarmasin – Tak puas hanya menaklukan medan gowes yang ada di kota seribu sungai, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Tim Gowes Kayuh Baimbai yang terdiri dari Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani dan gabungan seluruh unsur SOPD lingkup Pemko Banjarmasin, berangkat menunju Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Sabtu (28/1).
Bahkan di kota yang memliki beragam kuliner khas daerah ini, Ibnu Sina ingin menaklukan rute Gowes yang terkenal cukup ekstrem dari Loksado menuju Air Terjun Haratai.
Jarak antara base camp Tim Gowes Kayuh Baimbai di Desa Loklahung, Kecamatan Loksado dengan Air Terjun Haratai cukup jauh, sekitar 16 km.
Bagi para goweser yang biasa bergerak di dalam kota, jarak 16 km itu adalah hal yang biasa. Namun, stigma tersebut pasti akan berubah saat menjajal track offroad yang dilalui Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Tim Gowes Kayuh Baimbai.
Pasalnya, track yang dilalui pemimpin kota berjuluk seribu sungai ini cukup sulit. Selain melewati jalan tidak terlalu lebar, mereka juga harus melalui rute berbentuk turunan cepat diikuti dengan tanjakan (Roller Coaster).
Tak hanya itu, yang membuat kegiatan Gowes kali dikatakan ekstrim mengingat di sisi rute yang dilalui terdapat jurang terjal.
Sebelum memulai kegiatan Gowes Offroadnya, semua anggota tim berkumpul, setelah memanjatkan doa agar diberikan kekuatan dan keselamatan, mereka meluncur menuju pos pertama.
Pos pertama berhasil mereka jalani, setelah sempat singgah dan menikmati sejuknya udara penggunungan, Tim Gowes kembali bergerak menuju pos kedua. Tak berlama-lama di pos tersebut, mereka kembali melanjutkan perjalanan menuju pos ketiga di Balai Kadayung.
Rute terakhir pun sudah di depan mata, rata-rata anggota tim Gowes sudah tidak sabar ingin menikmati sejuknya air dan udara di Air Terjun Haratai. Makanya, mereka lalu bergegas mengayuh sepeda gunungnya menuju pos keempat yang berada tepat di Obyek Wisata Air Terjun Haratai.
Sebelum sampai di tempat tujuan, Tim Gowes ternyata harus singgah beberapa kali dibeberapa tempat disepanjang jalan menuju pos keempat. Kesingggahan Tim Gowes bukan lantaran mengalami kendala, tetapi ingin melihat dari dekat budaya masyarakat setempat.
Salah satunya, bertemu dengan masyarakat asli setempat dan melihat dari dekat pembuatan penganan lamang yang dimasak menggunakan bambu lalu diletakkan di tempat pembakaran.
Pemandangan tersebut tentu saja membuat ketertarikan tersendiri para goweser.
Usai memuaskan hati melihat kearifan lokal masyarakat tersebut, Tim Gowes kembali melanjutkan perjalanannya. Kurang lebih 20 menit kemudian, akhirnya mereka sampai di Obyek Wisata Air Terjun Haratai.
Melihat keindahan pemandangan alam yang disugguhkan di sekitar obyek wisata tersebut, rasa lelah yang dirasakan semua peserta Gowes pun terbayarkan.
Tanpa dikomando, mereka langsung menuju kolam Air Terjun Haratai dan meluapkan rasa kegembiraan mereka dengan berenang di sekitar air terjun tersebut.
“Kegiatan ini kami laksanakan untuk menandakan spirit baru di tahun 2017. Dan gowes ini bukan untuk cepat-cepatan, tapi untuk olahraga sambil menikmati pemandangan alam,’’ ucap Ibnu Sina.
Sementara itu, ditempat yang sama, para ibu yang tergabung dalam TP PKK Kota Banjarmasin yang diketuai Hj Siti Wasilah, juga melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya olahraga senam pagi bersama sambil menikmati keindahan alam, dan bamboo rafting di Sungai Amandit, Loksado. 
Sumber : KP
Tim Gowes Kayuh Baimbai Taklukan Track Loksado Reviewed by Unknown on 20.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.