Top Ad unit 728 × 90


recent

DPRD Kalsel Cek Pertambangan Tanah Bumbu

Banjarmasin - Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan mengecek pertambangan di Kabupaten Tanah Bumbu, wilayah timur provinsi ini, Jumat.

"Sesuai tugas dan fungsi juga membidangi pertambangan dan energi, kami perlu mengecek, terutama berkaitan persiapan dan kesiapan serah terima kewenangan urusan sektor tersebut kepada Pemerintah Provinsi Kalsel," ujar Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel Riswandi. 

Menurutnya, sebagaimana amanat Undang Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, ada beberapa urusan dengan kewenangan pengelolaan beralih dari pemkab/pemkot kepada pemprov, antara lain sektor pertambangan.

"Sebagimana isi UU 23 Tahun 2014 itu pula, serah terima pengelolaan dari sejumlah urusan tersebut pada 2017 ini," ujar anggota DPRD Kalsel tiga periode dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu pula.

Ia berharap, sejak awal persiapan hingga setelah serah terima sektor pertambangan tersebut dari Pemkab Tanah Bumbu kepada Pemprov Kalsel tidak ada masalah.

Karena itu, Komisi III DPRD Kalsel yang membidangi pertambangan dan energi perlu pengecekan lapangan terkait serah terima kewenangan pengelolaan sektor tambang tersebut, katanya pula.

Begitu pula kabupaten lain di Kalsel selama ini juga mengelola pertambangan agar mulai persiapan hingga setelah serah terima kepada pemprov setempat tidak ada permasalahan mendasar, kata Riswandi. 

Provinsi Kalsel dari 13 kabupaten/kota hampir semua memiliki potensi pertambangan, terutama batu bara, terkecuali Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Hulu Sungai Utara belum terdeteksi secara rinci.

Namun dari semua kabupaten yang memiliki tambang batu baru, hanya Kabupaten Hulu Sungai Tengah tidak terdapat kegiatan pertambangan untuk jenis tambang tersebut, kecuali galian C, seperti batu, batu kerikil dan pasir.

Sedangkan di kabupaten lain terdapat berbagai perusahaan pertambangan batu bara, yaitu Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kabupaten Kotabaru.

Pada saat bersamaan (9-11 Maret 2017) Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja serupa ke Tanah Bumbu, namun dengan sasaran berbeda sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Sementara Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan serta Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel kunjungan kerja ke luar daerah, 9-11 Maret 2017.

Sumber : Antaranews Kalsel
DPRD Kalsel Cek Pertambangan Tanah Bumbu Reviewed by admin ridha on 21.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.