Top Ad unit 728 × 90


recent

Parade Sasirangan Terbesar Sepanjang Sejarah

BANJARMASIN – Sukses. Begitulah ungkapan yang patut diberikankepada jajaran Pemko Banjarmasin. Betapa tidak, para ASN yang berkantor di Jalan RE Martadinata No 1 Banjarmasin itu, telah berhasil mencatat sejarah baru dalam memasyarakatkan serta mengajak warga kota seribu sungai memakai baju sasirangan. 
Kegiatan Parade Sasirangan (PS) yang mengambil tempat start di kawasan Siring Kantor Gubernur Kalsel dan Finish di kawasan Siring Menara Pandang itu, selain diikuti ribuan elemen masyarakat, dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah itu, juga dibentangkan kain sasirangan sepanjang lima puluh meter.
Tujuan yang tersirat dari kegiatan membentangkan kain khas pakaian raja Banjar itu adalah, kesepakatan seluruh elemen masyarakat Kota Banjarmasin untuk tetap menjunjung tinggi adat istiadat dan melestarikan budaya Banjar. “Mudah-mudahan kegiatan parade sasirangan ini menjadi parade terbesar sepanjang sejarah Kota Banjarmasin, karena sebelumnya tidak pernah ada kegiatan seperti ini,” ucap Ibnu Sina, Minggu (19/03).
Selain itu, dalam kegiatan yang dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Janah Sahbirin Noor, dan Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah itu, juga diperlihatkan berbagai atraksi kegiatan lainnya, diantaranya penobatan ambasador (duta) sasirangan kepada lima orang publik figur yang salah satunya Menristek RI Gusti Muhammad Hatta, eksebisi fashion show oleh para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin, dan hiburan dari penyanyi band Radja, Ian Kasela. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa mengangkat derajat kain sasirangan tidak hanya sampai ditingkat nasional, tetapi juga hingga tingkat dunia,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Hj Siti Wasilah mengatakan, kegiatan parade sasirangan ini merupakan bukti spirit baru seluruh jajaran Pemko Banjarmasin dan seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin dalam mendukung semua kegiatan pemerintah. “Mudah-mudahan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kain sasirangan akan lebih dikenal tak hanya sampai tingkat nasional, tetapi juga hingga ke tingkat dunia dan saya harapkan para duta-duta sasirangan dapat memperkenalkan kain sasirangan di tingkat nasional,” katanya.
Harapan lain yang disampaikan istri Walikota Bajarmasin Ibnu Sina ini adalah, keinginannya agar dengan adanya kegiatan tersebut dapat menarik minat lebih banyak lagi wisatawan dalam dan luar negeri berkunjung ke kota berslogan Baiman.
Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyatakan, dilaksanakan kegiatan parade sasirangan merupakan bukti tekat seluruh lapisan masyarakat Kalsel untuk memperkenalakan lebih jauh lagi kain sasirangan hingga ke seantero dunia.
Bahkan, orang nomor satu di Bumi Antasari ini menyatakan, jauh-jauh hari sebelumnya telah memperkenalakan kain sasirangan hingga ke tingkat nasional. “Setiap saya ada undangan di Istana Negara, saya selalu menggunakan pakaian sasirangan. Niat saya untuk memperkenalkan kain sasirangan di Istana Negara,” ucapnya.

Sumber : (humpro-bjm)
Parade Sasirangan Terbesar Sepanjang Sejarah Reviewed by Unknown on 21.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.