Top Ad unit 728 × 90


recent

Wabup HSS Syamsuri Arsyad Gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD 2019-2023

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP Bersama Kepala Bappelitbangda HSS. 

KALSEL.PKS.ID Kandangan – Kepala Daerah Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten HSS tahun 2019-2023 bertempat di aula Mandapai Bappelitbangda, Kandangan, Kamis (01/11/2018). Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, Wakil Ketua II DPRD Rodi Maulidi beserta anggota, Kepala Bappelitbangda, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir. H. Saifullah, Para Kepala SKPD, BUMN, BUMD, Para Camat, Para Alim Ulama, Tim Pemengan Sehati.
Dalam sambutannya Wakil Bupati HSS mengatakan tahapan demi tahapan sudah dilalui sampai pada forum konsultasi publik. “Tahapan demi tahapan sudah dilalui dan sampai pada satu tahapan forum konsultasi publik dengan semangat bersama-sama merumuskan apa yang menjadi Visi, Misi, Janji Politik pasangan Bupati terpilih Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dan Syamsuri Arsyad, S.AP untuk lima tahun kedepan,” kata beliau yang juga Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalsel ini.
Selanjutnya Wakil Bupati HSS menjabarkan Visi Misi yang disusun oleh pasangan Sehati Plus Cinta HSS berdasarkan data yang ada sehingga tidak sekedar asumsi tetapi keinginan untuk dicapai. Dengan gambaran daerah Kabupaten HSS, luasan wilayah 1.804,94 km², jumlah penduduk pada tahun 2017 232.587 jiwa, 11 kecamatan, 4 kelurahan dan 144 desa.
Berdasarkan Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD. Dimana pada pasal 7 terdapat teknokratis, partisipatif, politis, atas bawah dan bawah atas.
Selain itu pada pasal 277 UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah untuk pembangunan daerah ada lima hal pokok yang mendasar secara nasional yakni peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan dan pemerataan kesempatan kerja, peningkatan dan pemerataan lapangan berusaha, peningkatan dan pemerataan akses dan kualitas pelayanan publik serta peningkatan dan pemerataan daya saing daerah. Serta arahan RPJPN 2005-2025 ada tiga kata kunci yakni struktur perekonomian yang kokoh, keunggulan kompetitif wilayah, sumber daya manusia yang berkualitas.
Kemudian Wakil Bupati HSS menjelaskan Visi dan Misi pasangan Bupati-Wakil Bupati terpilih. “Visinya secara harfiah Menuju Kabupaten HSS Cerdas, Inovatif, Tegnologis, Agamis Untuk
Mewujudkan Kesejahteraan Dunia dan Akhirat. Dengan 5 misi yakni yang pertama mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya, yang kedua mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumber daya alam dan kearifan local, yang ketiga meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik dan sosial yang menunjang sektor perekonomian, yang keempat mengoptimalkan sumber daya daerah berbasis pemberdayaan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, yang kelima menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik berkualitas berbasis teknologi informasi dalam bingkai kehidupan yang agamis,” tutur beliau yang juga Mantan Ketua DPD PKS HSS ini.
Pada Misi tersebut ada 5 tujuan, 23 sasaran, 50 indikator sasaran dan 144 program. Sedangkan janji politik adalah Sehati Plus Cinta. Lebih lanjut Wakil Bupati memaparkan untuk Platform Bupati terpilih diantaranya jaminan kesehatan gratis (BPJS gratis dimulai sejak tahun 2019), Islamic Center rencananya akan dilakukan peletakan batu pertama pada tanggal 2 Desember 2018 mendatang yang dibangun secara bertahap dua tahun anggaran, Bantuan Sarana Prasarana untuk pesantren dan dunia pendidikan negeri/swasta, Beasiswa bagi pelajar dan santri berprestasi kuliah didalam negeri dan keluar negeri untuk regenerasi Alim Ulama HSS, Asuransi bagi Petani dan Nelayan yang berpotensi gagal panen, Pertanian Organik, BOS Daerah untuk sekolah, Feri penyeberangan untuk Baruh Jaya-Tambangan, Habirau-Desa Baru, Angkutan Mini pelajar wilayah daha, Bergerak Bangkit Bersama diantaranya CINTA berwirausaha, hijau desaku, Aghniya (hartawan) untuk HSS yang lebih baik, BUMDes untuk peningkatan ekonomi desa, generasi muda dan pelajar HSS bebas narkoba serta resi gudang. Beliau mengajak mari terus bergerak dan bersemangat membangun HSS untuk menjadi lebih baik karena kita cinta HSS.



Wabup HSS Syamsuri Arsyad Gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD 2019-2023 Reviewed by Humas PKS Kalsel on 18.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.