Top Ad unit 728 × 90


recent

Pemko Banjarmasin Gelar Maulidan

BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H, Rabu (14/12/2016).
Dengan tema “Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kita Teladani Sifat dan Perbuatan Rasulullah Dalam Meningkatkan Etos Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin" digelar di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin.
Hadir pada acara ini Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani, Prof Mujiburrahman (IAIN Antasari), Para Asisten, Para Staf Ahli, Kepala SKPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN).
Dalam sambutannya Ibnu Sina menyampaikan harapan agar bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari peringatan ini. “Semoga paparan hikmah yang disampaikan menjadi tuntunan dan teladan bagi kita semua baik dalam kehidupan sehari-hari dan dalam rangka melaksanakan pekerjaan yang diberikan amanah bersama-sama,” ujar Ibnu Sina
Mujiburrahman dalam ceramahnya menyampaikan, zaman sekarang jauh berbeda dengan generasi Nabi Muhammad SAW, dimana hubungan menjadi datar tanpa hirarki. Hidup mengalami perubahan, pada saat yang sama ada yang harus tetap.
Ketika Nabi Muhammad SAW melihat keadaan masyarakatnya dan merasa tidak nyaman, dia merenung dalam Gua Hira dan kemudian turunlah firman Allah SWT berupa Iqra (bacalah) melalui malaikat Jibril. Islam dibangun tanpa dasar ilmu pengetahuan tapi dibangun berdasarkan ilmu.
Sosiolog pertama Islam, Ibnu Khaldun menganalisa bagaimana suatu kerajaan pada zaman Nabi Muhammad SAW dan Khalifah bisa tumbuh besar dan mampu bertahan. Disinilah memahami peran Nabi Muhammad SAW bahwa ada tiga hal atas suksesnya suatu kerajaan, pertama, Aqidah, dalam arti khusus diartikan sebagai keyakinan atau iman. Dalam arti luas berarti ideologi atau cita-cita. Diajarkan kepada masyarakat melalui pengetahuan. Kedua, Assyafiyah, solidaritas atau persatuan. Ketiga, Ghonimah, harta rampasan yang diartikan ekonomi atau kesejahteraan.
Rasulullah hidup sederhana agar bisa berempati kepada yang miskin, kekayaan itu harus didistribusikan secara adil kepada masyarakat. Terkait hal tersebut, Ibnu Khaldun menyimpulkan bahwa kekuasaan dalam sejarah Islam apabila semua kekuasaan itu mampu mendistribusikan kesejahteraan dalam masyarakat dengan baik, maka kekuasaan akan bertahan.
Pada hari yang sama, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW1438 H juga diselenggarakan oleh TP PKK Kota Banjarmasin dan Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin beserta Gabungan Organisasi Wanita Se Kota Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin pada sore harinya.
Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Siti wasilah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota BanjarmasinAneta Olpah dan penceramah Rudi Firdaus.
Siti Wasilah menyampaikan kegiatan maulid dimaknai untuk menguatkan silaturahmi TP PKK, Dharma Wanita dan Organisasi Wanita. “Semoga hikmah yang disampaikan oleh penceramah menjadi pelajaran yang kita pegang dalam beraktivitas sehari-hari. Dan dalam keluarga menunjukkan kecintaan kepada rasul yang diwujudkan dalam niat, semangat dan amal,” ujar Siti Wasilah. 
Sumber : BPost 
Pemko Banjarmasin Gelar Maulidan Reviewed by Unknown on 19.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.