Top Ad unit 728 × 90


recent

Trotoar Banjarmasin Akan Saingi Bandung

Banjarmasin  - Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ibnu Sina menyatakan trotoar di jalan protokol di kotanya akan menyaingi yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kita inginkan trotoar di jalan protokol bisa menyaingi Bandung, bahkan bisa lebih cantik lagi," ujarnya di Banjarmasin, Minggu.

Dia menyatakan, salah satu jalan protokol yang diprogramkan tahun ini untuk dibenahi adalah di Jalan A Yani, dan diharapkan dapat dibantu pemerintah pusat.

"Sebab Jalan A Yani itu jalan negara, dan pihak Balai Jalan Nasional pernah berjanji untuk membantu membenahi trotoarnya," ucap Ibnu Sina.

Dulunya, kata dia, ada pembicaran bahwa dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) bisa masuk kalau kegiatan pedagang kaki lima (PKL) bisa ditertibkan di sepanjang jalan itu.

"Pemkot juga menyatakan akan siap membersihkan PKL di Jalan A Yani asalkan penataan trotoar dibantu APBN," ucapnya.

Saat ini, kata dia, pembersihanJalan A Yani dari PKL akan dilakukan pemkot, bahkan ditargetkan pada 25 Januari sudah tidak ada lagi PKL di sana.

Semua PKL di Jalan A Yani dari km 1 sampai km 6 akan direlokasi ke Jalan Lingkar Dalam yang berdekatan dengan Jalan Layang Gatot Subroto, Banjarmasin Timur.

Menurut dia, tempat baru para PKL A Yani tersebut diberi nama Pusat Kuliner Baiman. Sarananya, khusus untuk lahan disediakan pemerintah kota.

"Untuk bangunan tempatnya mereka berkegiatan dibuat secara gotong royong oleh para PKL," tuturnya.

Ibnu Sina menyatakan, hanya satu tahun pemerintah kota menjamin lahan tersebut ditempati gratis oleh para PKL, selanjutnya harus menyewa.

"Entah nantinya dengan pemilik lahan atau Pemkot yang akan membeli lahan itu. Artinya dengan pemkot mereka sewa," katanya.

Pemerintah Kota Banjarmasin membersihan Jalan A Yani dari PKL untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas.

"Demikian juga, untuk membenahi trotoarnya. Jalan utama harus terlihat cantik dan rapi, dann yaman bagi pejalan kaki, sebab kota kita menuju kota sungai terbaik di Indonesia," ujarnya.

Sumber : Antaranews Kalsel
Trotoar Banjarmasin Akan Saingi Bandung Reviewed by admin ridha on 20.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.