Top Ad unit 728 × 90


recent

Wali Kota Dorong RT/RW Gerakkan Partisipasi

Banjarbaru - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Nadjmi Adhani mendorong ketua RT/RW untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan positif yang dilaksanakan di lingkungannya.

"Ketua dan pengurus RT/RW harus menjadi contoh bagi masyarakat dan ikut berperan menggerakan partisipasi dalam setiap kegiatan di lingkungannya," ujar wali kota di Banjarbaru, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan wali kota usai mengukuhkan pengurus forum RT/RW se-Kota Banjarbaru yang dipimpin Syamsul dengan masa bakti selama tiga tahun sejak 2017-2020.

Ia mengatakan, ketua dan pengurus RT/RW biasanya merupakan tokoh atau orang yang cukup disegani di lingkungan masyarakat sehingga bisa menggerakan dalam berbagai kegiatan.

Ditekankan, ketua dan pengurus RT/RW juga harus memegang komitmen untuk membantu pemerintah kota dalam memberikan pelayanan publik yang baik dan berkualitas bagi masyarakat.

"Mereka yang dipercaya menjabat ketua dan pengurus RT harus membantu pemerintah kota memberikan pelayanan publik karena mereka kepanjangan tangan pemerintah," ucapnya.

Menurut dia, pengurus forum RT/RW juga berperan dalam mencegah setiap kegiatan yang bisa merusak suasana tertib dan kondusif yang sudah tercipta di masyarakat dan lingkungannya.

"Ketua dan pengurus RT/RW menjadi filter atas perbuatan dan kegiatan yang bisa mengganggu suasana kondusif agar kamtibmas tercipta dan masyarakat lebih tenang," pesannya.

Ketua Forum RT/RW Banjarbaru Syamsul mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi peraturan daerah nomor 3 tahun 2010 tentang kepengurusan RT/RW terutama terkait lamanya menjabat.

"Kami akan mengevaluasi perda itu karena cukup banyak pengurus RT/RW yang menjabat hingga puluhan tahun padahal dalam perda hanya tiga tahun dan boleh tiga periode," kata dia.

Sementara itu, mantan Ketua Forum RT/RW Kota Banjarbaru Iwan Setiawan meminta pengurus baru merealisasikan pembentukan forum RT/RW tingkat Kalsel yang sudah disiapkannya.

"Harapan kami, pengurus baru bisa merealisasikan pembentukan forum di tingkat Kalsel karena Banjarbaru menjadi percontohan bagi 13 kabupaten dan kota lain terkait forum RT/RW," katanya.

 Sumber : Antaranews Kalsel
Wali Kota Dorong RT/RW Gerakkan Partisipasi Reviewed by Unknown on 18.50 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.