Top Ad unit 728 × 90


recent

Banjarbaru Mulai Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan

Banjarbaru - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Nadjmi Adhani mengatakan seluruh jajarannya mulai siaga kebakaran hutan dan lahan meski pun saat ini masih belum masuk musim kemarau.

"Mulai hari ini, kami nyatakan siaga kebakaran hutan dan lahan. Tidak perlu menunggu musim kemarau dan semua harus siap mengantisipasi kebakaran," ujarnya di Banjarbaru, Senin.

Pernyataan itu disampaikan wali kota usai memimpin apel besar kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang diikuti seribu lebih peserta terdiri dari berbagai kalangan termasuk pelajar.

Disebutkan, apel yang dilaksanakan di kawasan Guntung Damar Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin sebagai bentuk komitmen mencegah karhutla di kota itu.

"Apel besar ini sebagai komitmen dan tekad seluruh pihak baik aparatur sipil negara, TNI/Polri, masyarakat dan juga pelajar yang siap sedia mencegah terjadi karhutla di Banjarbaru," ucapnya.

Ditekankan, apel besar menandai kesiapan seluruh pihak mengantisipasi karhutla sehingga tidak terulang kembali tragedi nasional karhutla termasuk juga terjadi di Banjarbaru 2015 lalu.

"Apel besar ini sengaja dilaksanakan di lokasi yang sama saat Presiden Jokowi mengunjungi Kota Banjarbaru memantau karhutla sehingga mengingatkan kita semua bahaya kebakaran," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya juga sudah mengantisipasi karhutla dengan sumur bor yang dibuat di sekitar lokasi rawan kebakaran sehingga memudahkan untuk memadamkan api.

"Sumur bor yang dibuat mencapai puluhan buah terutama di kawasan Guntung Damar sehingga memudahkan pemadaman jika terjadi kebakaran di lahan gambut itu," kata dia.

Ditambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat ikut berperan mencegah terjadinya karhutla dengan tidak berbuat hal-hal yang menjadi pemicu kebakaran termasuk sengaja membakar lahan.

"Kami imbau jangan membuang puntung rokok sembarangan, juga jangan membuka lahan dengan membakarnya karena bisa menjadi sumber kebakaran," ujarnya.

Sumber : Antaranews Kalsel
Banjarbaru Mulai Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan Reviewed by admin ridha on 19.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.