Top Ad unit 728 × 90


recent

Wali Kota Jadikan HPSN Sadarkan Bahaya Sampah

Banjarbaru  - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Nadjmi Adhani menjadikan peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN) 2017 menyadarkan masyarakat bahaya sampah yang dibuang sembarangan.


"Sampah yang tidak ditangani dengan baik membahayakan kehidupan sehingga kami mengimbau masyarakat lebih peduli dalam menangani sampah," ujarnya di Banjarbaru, Minggu.

Dijelaskan, bahaya sampah sangat mempengaruhi lingkungan terutama jenis sampah plastik yang baru terurai puluhan tahun, berbeda sampah organik yang bisa terurai secara cepat.

"Sampah jika dibiarkan menumpuk juga menjadi bencana dan bisa menjadi sarang penyakit sehingga masyarakat kami minta menangani sampah secara baik dan benar," pesannya.

Ia mengatakan, momentum HPSN dijadikan sarana untuk membangkitkan kesadaran masyarakat peduli terhadap lingkungan terutama tidak membuang sampah sembarangan.

Disebutkan, pihaknya akan memimpin apel HPSN di Guntung Damar kawasan Lingkar Utara Kelurahan Guntung Payung Senin (20/2) melibatkan ribuan orang yang berasal dari berbagai kalangan.

"Apel HPSN di Guntung Damar adalah agenda utama. Peringatan lainnya juga dilaksanakan setiap kelurahan baik di kantor maupun lapangan dengan agenda memungut sampah," ungkapnya.

Menurut dia, jumlah masyarakat yang terlibat pada setiap kelurahan mencapai 1.000 orang dikalikan 20 kelurahan yang ada di Banjarbaru sehingga jumlahnya mencapai 20.000 orang.

"Target kami, seluruh pihak terlibat baik masyarakat, anak sekolah, aparatur pemerintah, TNI/Polri dan unsur lainnya mencapai 30.000 yang melakukan aksi memungut sampah," ucapnya.

Ditekankan, aksi memungut sampah yang dilakukan serentak setelah apel pagi pukul 07.30 Wita di lokasi masing-masing diharapkan mampu menyadarkan masyarakat lebih peduli lingkungan.

"Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan ditunjukkan dengan menjaga suatu kawasan bersih dari sampah agar lingkungan sekitarnya tetap bersih dan nyaman dipandang," ujarnya.

Dikatakan, peringatan HPSN yang diisi aksi memungut sampah diharapkan tidak berhenti dan menjadi seremonial tetapi terus dilakukan masyarakat terutama di lingkungan sekitarnya.

"Kami tidak ingin peringatan HPSN hanya menjadi seremonial, tetapi seluruh peserta apel harus terus aktif memungut sampah di lingkungan sekitarnya agar lingkungan selalu bersih," katanya.

Sumber : Antaranews Kalsel

Wali Kota Jadikan HPSN Sadarkan Bahaya Sampah Reviewed by Unknown on 19.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DPW PKS Kalsel © 2014 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.